Perkuat Fungsi Anggaran, Banggar DPR Kunker ke CBO di Amerika Serikat

Wakil ketua Banggar DPR RI Fraksi Golkar Muhidin Muhammad Said bersama Delegasi Badan Anggaran (Banggar) DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Congressional Budget Office (CBO) di Washington D.C. Amerika Serikat (AS).

Pertemuan ini juga dipandu oleh Astera Primanto Bhakti selaku Dirjen Perbendaharan kementerian keuangan dan Bank Indonesia selaku mitra kerja Banggar serta KBRI di Washington.

Kunjungan ini dilaksanakan untuk memperkuat fungsi anggaran di Banggar DPR RI dalam proses pembahasan RAPBN TA 2025 yang berkwalitas untuk kesejahteraan rakyat.

Adapun, delegasi Banggar diterima oleh Mark Hadley selaku CBO’s Chief Operating Officer and General Counsel, Chad Chirico Budget Analysis Director, Christi Hawley Anthony Deputy Director of Budget Analysis dan Deborah Kilroe Communications Director Congressional Budget Office (CBO).

Pada permulaan pertemuan, Mark Hadley menyajikan bahwa CBO merupakan institusi non-partisan yang beroperasi sejak tahun 1975. CBO merupakan institusi yang memberikan berita obyektif dan tak memihak untuk mensupport proses pembahasan anggaran federal.

Misi CBO merupakan menolong kongres dalam membuat kebijakan anggaran dan ekonomi yang tepat sasaran. CBO membuat Laporan Anggaran yang menyajikan proyeksi anggaran dan ekonomi untuk satu dekade mendatang (umumnya disebut sebagai proyeksi dasar) serta prospek ekonomi tahunan.

CBO juga diharuskan untuk membuat sangkaan biaya untuk tiap-tiap rancangan undang-undang yang disetujui https://covecasualrestaurant.com/ oleh komite penuh DPR atau Senat. Sangkaan biaya yang diciptakan CBO bersifat saran sebagai usul dalam pengambilan kebijakan yang akan diputuskan oleh Kongres.

Pada peluang tersebut, Muhidin selaku Pimpinan delegasi mengemukan bahwa peran CBO amat penting dalam menolong kongres membuat kebijakan penganggaran yang akurat.

ini sepantasnya diadopsi oleh parlemen di Indonesia, sehingga fungsi anggaran Parlemen Indonesia terpenting badan Anggaran DPR RI berperan sebagai pemegang amanah rakyat (social trustee) dapat membuat kebijakan yang akurat.

Sebagai Penentu Kebijakan Anggaran Negara
Fungsi Anggaran sebagai penentu kebijakan anggaran negara yang berprioritas pada kesejahteraan rakyat dan sebagai alat ukur yang menampilkan keberpihakan DPR kepada rakyat dalam perwujudan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dibentuk.

Sementara itu wakil ketua Banggar dari Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan ketepatan hasil sangkaan anggaran pendapatan dan belanja yang diciptakan CBO dibandingi dengan anggaran yang diajukan Presiden serta Realisasi Anggarannya tak mungkin diperoleh tanpa mempekerjakan orang-orang berintegritas yang mempunyai keahlian di berbagai bidang.

Ini tentunya memerlukan anggaran yang cukup besar. Mark Hadley mengabarkan bahwa pemerintah US menyiapkan anggaran 70 juta usd/ tahun bagi operasional 270 member staf.

Di sisi lain, Bobby Adhityo Rizaldi Delegasi Banggar mengatakan member DPR RI sebagai wakil rakyat akan lebih memahami apa saja yang dibutuhkan oleh rakyat daerah pemilihannya, sehingga perlu pengalokasian khusus anggaran/dana aspirasi yang dapat diajukan member DPR RI berhubungan dengan keperluan konstituennya (ear marking).

senada juga dipersembahkan oleh Mark Hadley bahwa member parlemen lebih memahami keperluan konstituennya sehingga wajar sekiranya member parlemen dalam mengajukan anggaran/dana aspirasi.