Baru Tower ASN Rampung Juli 2024, Sisanya Menyusul

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membidik tersedia 12 tower rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang rampung pada Juni 2024 nanti. Sisanya, dapat diselesaikan secara betahap sampai akhir tahun.

Basuki menjelaskan, tersedia 47 tower hunian yang ditanggung oleh duwit negara. Alokasi untuk hunian ASN asalah 29 tower.

Terkait kepindahan ASN ke IKN, pihaknya terhitung menjalin koordinasi bersama dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas.

Sambil Pak MenpanRB ini siapa siapa saja kriteria pemindahannya. Itu terhitung konsep pemindahannya, seleksinya,” sambung dia.

Basuki menegasakan, skema pembangunan hunian ASN terdiri berasal dari APBN dan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Artinya, beban pembangunan ini tidak cuma ditanggung oleh APBN.

“Skema pembangunan rusun ASN tersedia APBN tersedia KPBU. APBN tersedia judi bola resmi 47 rusun, ASN, hankam, Polri. Nanti tersedia tambahan kembali untuk TNI,” ucapnya.

Nantinya, untuk skema KPBU dapat diatur oleh Otorita IKN. Pembangunanya sendiri dikerjakan secara bertahap.

“Yang lain disiapkan melalui KPBU oleh OIKN. Sehingga OIKN tetap bertahap dibangun melalui KPBU itu. Jadi tidak cuma APBN saja tetapi terhitung KPBU. Untuk mempercepat itu bersama dengan KPBU,” tegasnya.

Rusun ASN Rampung November 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pembangunan infrastruktur hunian aparatur sipil negara (ASN) dan personel pertahanan keamanan (hankam) di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur berjalan cocok jadwal. Dia menargetkan 47 tower rusun ASN di IKN rampung pada akhir November 2024.

“Saya ke sini keliru satunya untuk menegaskan bahwa tower untuk ASN kita, untuk hankam itu mampu selesai bersama dengan pas waktu,” ujar Jokowi kepada awak tempat usai jalankan seremoni penyelesaian akhir atau topping off hunian ASN di IKN, Kalimantan Timur, Jumat, (1/3/2024).

Menurut dia, sebanyak 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada bulan Juli, diikuti oleh 21 tower tambahan pada bulan September, dan 14 tower kembali pada bulan November. Total keseluruhan, dapat tersedia 47 tower yang selesai pada akhir November 2024.

“Pergeseran ASN ke sini dan hankam ke sini itu sudah mampu dimulai bulan Juni,” ungkapnya.