Setiap beberapa tahun sekali orang biasanya akan mengganti ponsel mereka dengan alasan ponsel mereka sudah tidak bekerja dengan baik atau bahkan rusak. Padahal usia ponsel biasa dapat digunakan dari 4-5 tahun, loh. Apa ya yang membuat ponsel kita menjadi cepat rusak?

Salah satu hal yang membuat ponsel kita cepat rusak adalah karena cara pemakainnya. Untuk itu kamu sebagai pengguna ponsel harus mengetahui taktik apa yang dapat dilakukan agar HP lebih awet saat digunakan.

Tips Merawat HP Agar Awet

1. Memberikan Perlindungan Lebih

Bagian ponsel yang paling rentan tergores atau pecah adalah bagian layarnya, untuk itu kita perlu menggunakan pelindung tambahan agar membuatnya menjadi lebih aman. Saat ini semakin mudah ditemukan banyak proteksi layar murah dengan kualitas baik untuk melindungi ponsel. Kegunaannya adalah untuk membuat ponsel menjadi terlindung dari goresan.

2. Mengisi Daya Ponsel

Cara lain untuk membuat ponsel tetap awet adalah dengan mengisi baterai dengan benar. Segera isi daya ponsel jika sudah berada pada daya 10-15%, setelah itu langsung lepas charger jika ponsel sudah terisi penuh. Jika kamu terlalu lama mengisi baterai, maka ada kemungkinan baterai menjadi lebih cepat habis karena rusak.

3. Hindari Medan Magnet

HP khususnya android haruslah dihindari dari medan magnet, hal ini karena medan magnet, air, dan logam dapat membuat speaker menjadi lebih cepat rusak. Fungsinya juga membuat suara yang keluar dari ponsel menjadi lebih stabil dan tidak mati. Pastikan simpan ponsel kamu di tempat yang sejuk dan tidak terlalu panas untuk membuatnya lebih terjaga.

4. Install Aplikasi Seperlunya

Tidak heran HP akan menjadi lebih cepat rusak jika kamu menginstall banyak permainan di dalam ponsel kamu. Apalagi jika android yang kamu gunakan masih tergolong baru, ini membuat kita tertarik untuk menginstall banyak aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Jika aplikasi yang kamu miliki itu tidak begitu kamu gunakan dengan maksimal, ada baiknya untuk diuninstall saja.

5. Hanya Menggunakan Satu Aplikasi

Saat ini banyak ponsel yang semakin mendukung kegiatan multitasking, tapi tahukah kamu ini dapat membuat kinerja dari ponsel menjadi lebih berat. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan akan membuat HP bekerja dengan sangat berat. Jadi ada baiknya jika ingin menggunakan HP dengan awet, gunakan satu aplikasi dalam satu waktu saja.

6. Membersihkan Chace Secara Berkala

Bersihkanlah chace HP kamu secara berkala agar membuat ponsel bekerja dengan lebih cepat. Gunakan aplikasi yang dapat membantu kamu menemukan junk files yang berada di ponsel dan kamu tidak ketahui posisinya.

7. Mengatur Fitur Auto Update

Terakhir kami menyarankan untuk mematikan fitur auto update yang dapat membuat memori di HP kamu semakin terkuras sedikit demi sedikit karena adanya update yang terjadi. Namun jika ingin performa dari HP lebih baik, update memag diperlukan agar kinerja dari aplikasi lebih baik lagi.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat HP khususnya Android menjadi lebih awet untuk digunakan. Meski saat ini ada banyak HP android dengan harga yang terjangkau, bukan berati kita dapat menggunakan HP sesuka hati kita. Tetap rawat HP dengan baik sampai kita memutuskan untuk menggantinya dengan HP yang baru.