Estimasikan Kehidupan Ekonomi RI Kuartal Pada Tahun 2024 Tumbuh 4,9-5,1%

Center of Reform on Economics (Core) Indonesia mengestimasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 menempuh sebesar 4,9-5,1 persen.

“Kami dari Core Indonesia membuat hitung-hitungan, estimasi ini artinya sudah lewat ya sebab triwulan I berlangsung pada Januari-Maret, tapi hitungannya quick (kencang). Estimasi kami bahwa pada triwulan I tahun 2024, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia mungkin sekitar 4,9-5,1 persen,” kata Research Director of Macroeconomics Core Indonesia Akbar Susanto dalam “Core Quarterly Review 2024: Tantangan Ekonomi di Tengah Transisi Pemerintahan” secara virtual di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, ada sejumlah pertimbangan qris slot kenapa pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 diperkirakan sebesar 4,9-5,1 persen.

Memandang dari faktor pensupport, penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) menjadi penyebab pertumbuhan ekonomi sebab menggerakkan konsumsi rumah tangga hingga konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT).

Selain itu, juga Ramadhan yang menjadi momentum masyarakat untuk melaksanakan perjalanan lebih banyak hingga belanja lebih melimpah.

Adapun faktor penekan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni ekspor Indonesia yang mengalami penurunan cukup tajam disebabkan peningkatan harga komoditas migas (minyak dan gas) serta penurunan permintaan komoditas strategis.

Kemudian, juga pelemahan skor tukar rupiah dan peningkatan harga komoditas dunia yang menekan impor pada kuartal I 2024.

“Jadi, ada kombinasi itu, tapi dengan kombinasi ini menurut hitung-hitungan kami masih kemungkinan Indonesia akan tumbuh 4,9-5,1 (persen). Poin ini hakekatnya gak jelek-jelek amat apabila dibandingkan dengan apa yang proyeksikan selama tahun 2024,” ucap Akbar.

Pada November 2023, pihaknya disebut memperkenalkan outlook perekonomian Indonesia 2024 yang diproyeksikan bertumbuh 4,9-5,0 persen.

“Jika kini kita 4,9-5,1 persen artinya kami mengatakan bahwa batas bawahnya sama, tapi batasnya masih mungkin lebih dari pada yang kami proyeksikan untuk periode setahun 2024 ini,” ungkap dia.