Ini Bocoran Program Susu Bayaran Prabowo-Gibran

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Prio Pambudi, mengatakan pihaknya siap untuk mengurus perjanjian kerjasama dengan Australia berkaitan program susu cuma-cuma yang rencananya bakal dijalankan oleh Pemerintahan Prabowo Subianto akan datang.

Namun, hingga sekarang belum ada isu terupdate mengenai keberlanjutan program susu cuma-cuma. Edi menetapkan, pihaknya akan mengabarkan kembali terhadap publik sekiranya telah ada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Australia berkaitan program hal yang demikian.

“Sebetulnya ini bukan di aku yang menangani, namun sekiranya nanti berkaitan dengan kerjasamanya tentu akan masuk, sekiranya dengan Australia telah ada perjanjian CEPA nya, nanti sekiranya ada update akan kami informasikan,” kata Edi saat dijumpai usai konferensi pers Update Kerjasama Ekonomi Internasional, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

ebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto, merubah nama program ‘Makan Siang Bayaran’ menjadi ‘Makan Bergizi Bayaran’. Dia malah menetapkan membuat kementerian atau lembaga khusus untuk menangani program ini. Karena ia mau supaya program unggulannya ini efisien tanpa kebocoran.

Sementara, berkaitan pembagian susu cuma-cuma untuk si kecil-si kecil di semua Indonesia juga akan dijalankan layak tipologi masing-masing daerah.

Prabowo mencontohkan pada salah satu daerah di Maluku Barat Daya, adalah Pulau Moa kerap memproduksi air susu dari kerbau. Sehingga, tak spaceman cukup susah untuk mendapatkan produksi susu yang dapat dijangkau si kecil-si kecil di kawasan Moa.

Meskipun, di daerah lain susah menerima sumber susu, dapat dipusatkan dengan pemerataan pembagian bahan pangan bergizi seperti ikan dan telor.

Bulog Tunggu Arahan Prabowo-Gibran soal Program Makan Siang Bayaran

Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengakui belum ada komunikasi berkaitan program makan siang cuma-cuma yang diusung oleh Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mengingat tinggal menghitung bulan memasuki pelantikan pada Oktober 2024 akan datang.

Berdasarkan Bayu, mekanisme program ini tentunya pemerintah baru yang akan memberikan tutorial bagaimana nanti prosesnya.

“Belum ada komunikasi menunggu saja arahan dari pemerintah tentunya pemerintahan yang baru memberikan guidance bagaimana itu dijalankan,” kata Bayu terhadap media, di Pusat Penggilingan Padi (SPP) Karawang, Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Stok Beras untuk Makan Siang Bayaran
Bayu menyuarakan hingga saat ini pihaknya belum menerima arahan penugasan untuk menyiapkan stok beras program makan siang cuma-cuma.

“Hingga dengan saat ini belum ada arahan untuk menyiapkan stok atau apa malah terhadap kami,” tutur Dirut Perum Bulog itu.

Perlu diketahui, Prabowo Subianto mengungkap metode merealisasikan komitmen kampanye utamanya adalah makan siang cuma-cuma dan susu cuma-cuma.

Efisiensi APBN

Berdasarkan ia, metode utama adalah dengan melakukan efisiensi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN dengan memangkas anggran lain yang tak pas guna.

“Jadi ini soal efisiensi (APBN), tata pemerintahan yang baik, administrasi yang baik, manajemen yang baik,” kata Prabowo saat menghadiri undangan Qatar Economic Forum di Doha, Kamis (16/5).

Prabowo melanjutkan, saat melakukan efisiensi harus juga diamati soal defisit yang tak lebih dari 3 persen. Dia optimis, dengan hitungan yang matang karenanya komitmen kampanyenya hal yang demikian dapat dibuat.

“Kami telah mempelajari ini. Kami telah menghitung angka-angkanya, dan kami percaya diri akan dapat menciptakan itu,” terang ia.