Mengulik Peluang Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

Membuka usaha sampingan di rumah selagi ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang menguntungkan, lho. Salah satu usaha kecil-kecilan yang barangkali dapat dicoba ialah bersama membuka usaha toko kelontong.

Ya, membuka toko kelontong dapat menjadi salah satu kesempatan usaha sampingan yang menguntungkan. Usaha satu ini dapat dikatakan cuma perlu modal kecil, dan kecuali udah dilakukan bakal meraih keuntungan yang berlimpah.

Toko kelontong merupakan toko berskala kecil yang menjajakan bermacam kebutuhan sehari-hari. Umumnya, toko ini berbentuk lokal dan mudah diakses.

Meski zaman udah serba digital, bakal tetapi keberadaan toko kelontong selalu eksis sebab jangkauannya yang mudah, harga yang lebih murah, hingga kenyamanan sebab dapat berinteraksi akrab pada penjual dan pembeli.

Namun, memulai usaha toko kelontong terhitung tidak dapat serampangan begitu saja. Kamu selalu wajib punyai trik dan langkah agar toko kelontong yang dibuka dapat laris dan sukses. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, kita udah merangkumkan untukmu tips dan langkah memulai usaha toko kelontong.

Bagaimana Peluang Usaha Toko Kelontong?

Sebelum mengupas lebih lanjut mengenai trik dan tipsnya, khususnya dahulu anda wajib sadar bagaimana kesempatan usaha dari toko kelontong itu sendiri.

Toko kelontong datang di tengah-tengah penduduk untuk menyediakan kebutuhan basic masyarakat. Dikutip dari buku berjudul ‘Kewirausahaan’ yang ditulis oleh Suharyadi, toko kelontong adalah usaha yang menjajakan kebutuhan sehari-hari, seperti beras, telur, minyak goreng, gula, garam, sayur, dan lain sebagainya.

Toko kelontong punyai lebih dari satu keunikan yang membuatnya berbeda diantaranya jam operasionalnya yang biasanya 24 jam, pilihan product yang banyak bersama harga terjangkau, dan dalam lebih dari satu daerah dapat membayar bersama langkah kasbon (hutang).

Banyak orang yang menyaksikan sebelah mata wujud usaha ini. Padahal kenyataannya, kesempatan omzet yang dapat diperoleh bersama membuka toko kelontong dapat dikatakan lumayan fantastis.

Ya, meski kini udah banyak toko retail moderen atau supermarket, tetapi keberadaan toko kelontong masih diperlukan di tengah-tengah masyarakat. Dari selagi ke waktu, peminat toko kelontong selalu bertahan dan pilih untuk berbelanja disana.

Terlebih, toko kelontong terhitung terhitung dalam golongan UMKM https://lembagaantidopingindonesia.org/ yang memainkan manfaat dalam penggerak roda perekonomian nasional.

Tak heran, sebab peluangnya yang menjanjikan, toko kelontong menjadi pilihan bagi banyak pelaku usaha untuk menjadi gagasan usaha.

Berapa Modal untuk Memulai Usaha Toko Kelontong?

Modal merupakan suatu perihal yang tak dapat dipisahkan dalam kesibukan usaha, begitupun terhitung dalam type usaha toko kelontong. Berikut kita memberikan gambaran modal yang diperlukan untuk menggerakkan usaha ini:

Peralatan yang Wajib Ada

Etalase kaca Rp1,5 juta – Rp2 juta
Meja kayu ukuran sedang Rp300 ribu – Rp600 ribu
Rak ukuran besar Rp800 ribu – Rp1,5 juta
Laci kasir Rp200 ribu – Rp300 ribu
Kalkulator digital Rp40 ribu – Rp70 ribu
Timbangan kecil Rp250 ribu – Rp300 ribu
Daftar peralatan di atas merupakan alat-alat yang wajib dimiliki untuk membuka usaha toko kelontong. Dari daftar di atas, maka kisaran modal yang diperlukan untuk meraih peralatan berikut yakni Rp3.090.000 – Rp5.270.000.

Produk yang Wajib Ada

Beras 50 kg Rp500 ribu – Rp600 ribu
Minyak goreng 2 liter karton isikan 12 Rp150 ribu – Rp200 ribu
Gila pasir 20 kg Rp200 ribu – Rp300 ribu
Mie instan 10 kardus Rp350 ribu – Rp400 ribu
Tepung terigu 10 kg Rp80 ribu -Rp120 ribu
Telur 1 peti Rp350 ribu – Rp400 ribu
Daftar barang di atas merupakan barang pokok yang wajib ada dalam sebuah toko kelontong. Dari daftar di atas, maka kisaran modal yang diperlukan untuk menyediakan barang-barang berikut yakni Rp1.630.000 – Rp2.020.000.

Produk Opsional

Gas elpiji 3 kg atau 12 kg
Bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, dan lain-lain
Makanan dan minuman ringan
Produk frozen food
Rokok
Barang-barang di atas merupakan barang opsional untuk dijual di toko kelontong yang bakal meningkatkan variasi pilihan product bagi pelanggan. Dengan meningkatkan produk-produk tersebut, barangkali anda perlu penambahan modal lebih kurang Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Dari penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa modal yang diperlukan untuk membuka usaha toko kelontong berada di kisaran Rp6.720.000 – Rp10.290.000.

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Usaha Toko Kelontong?
Kini anda udah sadar kisaran modal yang diperlukan untuk membuka usaha toko kelontong.

Nah, kecuali anda tertarik dan dirasa udah lumayan modal, ada lebih dari satu langkah yang wajib dilakukan agar usaha toko kelontong-mu berjalan lancar dan menguntungkan:

Pilih Lokasi yang Strategis

Jika inginkan memulai usaha toko kelontong, maka anda wajib pilih wilayah yang pas dan strategis. Ini dapat mempengaruhi kesuksesan usaha toko nantinya.

Mengingat toko kelontong menjajakan bermacam kebutuhan sehari-hari, anda wajib punyai akses yang mudah wilayah yang ‘terlihat’ oleh pelanggan. Umumnya, toko kelontong berada di tengah-tengah pemukiman penduduk, di segi jalan, atau di rumah seandainya anda punyai lahan lebih yang dapat dimanfaatkan.

Melakukan Riset Pasar

Setelah pilih wilayah untuk toko kelontong setelah itu adalah mengenali riset pasar. Meski terhitung usaha rumah, perihal ini wajib dilakukan untuk sadar product apa saja yang pelanggan butuhkan agar anda dapat menjajakan product yang tepat.

Jika anda sadar perihal tersebut, maka anda bakal memaksimalkan penjualan dan pada kelanjutannya berdampak pada keuntungan yang terhitung bakal jadi besar.

Bekerja Sama bersama Distributor

Selanjutnya, untuk isikan toko kelontong, anda tentu perlu distributor. Carilah distributor yang dapat dipercaya dan tawarkan harga yang lebih rendah agar pasokan barang di tokomu selalu terjaga dan dapat meningkatkan efisiensi pengeluaran.

Saat ini udah ada banyak pilihan distributor, bahkan ada terhitung yang online. Kamu dapat menyiapkan lebih dari satu list distributor dan membandingkannya dari aspek harga, proses pengiriman, kelengkapan barang, keselarasan komunikasi, dan lainnya.

Beri Pelayanan Terbaik dan Promosi

Apabila toko kelontong udah jadi beroperasi, jangan lupa memberikan service yang terbaik agar pelanggan punyai alasan untuk kembali.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah memberi tambahan promosi harga bersama menyebabkan paket sembako yang harganya dapat murah dibandingkan dibeli secara satuan. Kamu terhitung dapat memberi tambahan fasilitas pesan antar ke rumah para pelanggan untuk mempermudah dan menggembirakan mereka.

Lakukan Pembukuan Keuangan Secara Berkala

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam kesuksesan usaha toko kelontong adalah pembukuan keuangan. Hal ini mempunyai tujuan untuk mencatat segala kesibukan yang berjalan agar anda bakal bersama mudah mencari jejak keuangan.

Pisahkan keuangan teristimewa bersama keuangan usaha toko kelontong agar tidak tercampur dan jauhi pakai uang hasil jualan untuk kebutuhan pribadi. Ini terhitung dapat mempermudah perhitungan berapa keuntungan dan kerugian yang didapatkan.

Bagaimana bersama Perizinan Usaha Toko Kelontong?
Selain kelima perihal di atas, mutlak untuk diketahui bahwasanya pelaku usaha toko kelontong terhitung wajib mengurus perizinan berusaha.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No 26 Tahun 2021 mengenai Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perdagangan, kesibukan perdagangan eceran barang-barang kelontong yang dilakukan bukan dalam wujud Toserba (department store) wajib meraih perizinan berusaha.

Kriteria ini sejatinya cocok bersama type usaha toko kelontong yang selagi ini beredar di Indonesia.

Secara spesifik, usaha toko kelontong tergolong pada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47192 bersama gambaran kriteria KBLI berikut yakni “Perdagangan Eceran Berbagai Macam Barang Yang Utamanya Bukan Makanan, Minuman Atau Tembakau (barang-barang kelontong) Bukan di Toserba (Department Store)”.

Berdasarkan KBLI tersebut, suatu toko kelontong cuma wajib mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai bagian dari perizinan berusahanya. NIB ini bagi toko kelontong nantinya terhitung bakal bermanfaat untuk lebih dari satu hal, yakni: