Samsung akhirnya mengungkapkan seri Galaxy S22 di bulan Februari lalu. Dengan 3 model yang bisa di pilih yaitu Galaxy S22 biasa, Galaxy S22 Plus , dan Galaxy S22 Ultra. Kebanyakan lebih memilih Galaxy S22 Ultra karena ini merupakan ponsel dengan gaya Note lain dan sudah satu setengah tahun sejak ponsel Galaxy Note terakhir masuk ke toko.

Galaxy S22 di tahun ini juga tak terlalu berbeda dengan Galaxy S21. Di mana pada gilirannya hanya mendapat revisi kecil dari Galaxy S20. Kalian akan mendapatkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang sama cepatnya dengan model Galaxy S22 lain.

Kameranya sendiri ada 3. Layarnya AMOLED 6,1 inci dengan 4 pembaruan OS Android di tambah patch keamanan selama lima tahun. Galaxy S22 merupakan salah satu smartphone terbaik yang ada sekarang ini. apalagi kalau mengingat dukungan perangkat lunak yang di perluas, namun tak bisa di sangkal, ada juga beberapa peluang yang terlewatkan di sini.

Harga dan Warna

Ini juga merupakan ponsel termurah di jajaran Samsung Galaxy S22. Harganya mulai dari Rp 11.999.000. model dasarnya memiliki penyimpanan 128 GB dan RAM 8 GB. Tak ada kartu microSD di ponsel ini. jadi hanya ada penyimpanan internal yang kalian dapatkan.

Ada 4 warna utama yang tersedia di HP ini, yaitu Phantom Black, Phantom White, Green, dan Pink Gold. Ada empat warna tambahan yang hanya tersedia melalui Samsung.com: Graphite, Cream, Sky Blue, dan Violet.

Kebanyakan toko dan operator yang menjual Galaxy S22 juga menawarkan berbagai promosi serta diskon tukar tambah yang bisa menurunkan harga cukup besar.

Desain, Tampilan, dan Kamera

Galaxy S22 merupakan salah satu ponsel Android terkecil yang bisa kalian beli dengan perangkat kelas atas saat ini. dengan hanya 6,1 inci di layar. Jika kalian merupakan penggemar HP dengan layar besar, maka kalian bisa merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan Galaxy S22 Plus.

HP ini sendiri menggunakan layar AMOLED Samsung berkualitas tinggi yang khas. Dengan resolusi 2340 x 1080 (425 ppi) dan kecepatan refresh maksimum 120Hz. Kalau mau mode hemat baterai, kalian bisa atur tampilan kembali ke kecepatan refresh 60Hz di pengaturan.

Layarnya juga mendukung HDR10+, sehingga konten video selalu terlihat bagus, dan ada lubang kecil di bagian atas untuk kamera depan 10MP. Layarnya sangat datar. Alih – alih desain melengkung yang di temukan di Galaxy S22 Ultra dan beberapa ponsel lain, layar datar membuat pemasangan pelindung layar jadi lebih mudah.

Bingkai Galaxy S22 terbuat dari aluminium, dengan lapisan glossy yang menutupi keempat sisinya. Tombol volume dan daya terletak di sisi kanan, dan di bagian bawah terdapat port USB Type-C, loudspeaker, dan baki kartu SIM. Sama seperti seri Galaxy S21 tahun lalu, tidak ada slot kartu microSD dan tidak ada jack headphone.

Baik Galaxy S21 dan Galaxy S21 Fan Edition memiliki penutup belakang plastik, yang membantu mengurangi berat perangkat dan meningkatkan daya tahan. Samsung juga membawa kembali casing S-View tahun ini, yang merupakan penutup dengan jendela kecil di bagian depan untuk tampilan. Panel dapat menampilkan jam, panggilan masuk, dan fungsi dasar lainnya (seperti tampilan luar kecil pada Galaxy Z Flip).

Galaxy S22 memiliki tiga kamera belakang: kamera utama 12MP (sebenarnya 50MP, tetapi dengan piksel binned), ultra-lebar 12MP, dan telefoto 10MP. Pengaturan yang hampir sama dengan Galaxy S21 dan Galaxy S21 FE, meskipun Galaxy S21 memiliki telefoto 64MP.