Via Surat Legal, Xi Jinping Sampaikan Selamat ke Prabowo Sebagai Presiden Terpilih

Presiden China Xi Jinping mengirimkam surat resmi berisi ucapan selamat terhadap Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia pada pemilihan presiden 2024.

Ucapan dari Xi Jinping ini dipersembahkan via surat resmi yang dipandu segera oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo, Kamis (21/3) di Kementerian Pertahanan.

Aku ingin mengucapkan selamat dan kemauan terbaik aku atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi terhadap Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (22/3/2024).

Xi mengatakan, China dan Indonesia adalah negara tetangga yang memiliki upaya bersama untuk mempercepat perkembangan kekerabatan bilateral, dengan prinsip saling percaya dan menguntungkan.

“Relasi China dan Indonesia amat penting. Aku siap bekerja sama dengan Anda sbobet login untuk memberi nasehat pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

“Aku ingin bisa berjumpa dengan Anda secepatnya,” imbuh ia.

Xi malah mendoakan supaya pada pemerintahan Prabowo nantinya Indonesia bisa selalu makmur dan bergembira.

“Semoga negaramu merasakan kemakmuran dan rakyatnya bergembira,” harap Xi.

Presiden AS Joe Biden Kirim Surat ke Prabowo
Sebelumnya, hal senada juga pernah dijalankan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Tetapi saat itu, surat dipersembahkan saat hasil pengumuman resmi dari KPU RI masih menghitung rekap bunyi nasional Pemilu 2024.

Joe mengucapkan selamat terhadap calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang unggul dalam pemilihan presiden 2024. Ucapan itu dipersembahkan Biden via surat dengan kop resmi Gedung Putih, Washington, tertanggal 12 Maret 2024.

Mengutip siaran pers diterima, Surat itu dipandu segera terhadap Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham, Kamis (14/3) ke kantor Prabowo di Kementerian Pertahanan.

Aku ingin menyampaikan ucapan selamat terhadap masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan terhadap Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan bunyi pemilihan presiden. Aku menantikan pengumuman hasil resminya,” tulis Biden dalam surat itu.

Biden melanjutkan bahwa selama 75 tahun, Indonesia dan AS semakin terikat oleh poin-poin bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia.

“Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk menghasilkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman,” ajak Biden.

Biden dalam surat itu juga menyorot peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan saat ini yang menurutnya amat penting bagi upaya ini.

“Kemitraan dengan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya ini. Aku ingin bisa memperkuat kekerabatan negara kita lebih jauh lagi seiring kita terus memakai Comprehensive Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Komprehensif) dan menjajaki bidang kerja sama baru,” sambungnya.

Adapun Biden menyampaikan doanya untuk Prabowo. Biden yakin saat Indonesia dan AS bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia menjadi lebih aman.

“Mohon terimalah doa terbaik aku, dan semoga tahun-tahun mendatang selalu diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita,” Biden menandasi.